Sulami; Badan Kaku Seperti Kayu dari Sragen

Sulami berusia 38 tahun, wanita yang tinggal di Sragen, Jawa tengah ini menderita suatu penyakit sangat langka yang membuat tubuhnya kaku, mengeras sampai susah digerakkan, dan pada akhirnya tampak seperti manekin. Tubuhnya terbujur kaku dikamar, kurus kering dan tidak dapat bergerak, hanya pergelangan tangan dan kaki nya yang bisa sedikit bergerak. Karena kondisi rahang nya kaku, Sulami pun susah untuk menggerakkan mulutnya, meskipun beliau masih bisa berbicara, namun suaranya sangat pelan dan tidak terlalu jelas dalam mengucapkan kalimat.



Sulami bercerita bahwa penyakit langka tersebut mulai menjalar ditubuhnya sejak dia berusia 9 tahun atau saat duduk di kelas 3 Sekolah Dasar. Sejak saat itu tubuhnya mulai kaku sedikit demi sedikit, awalnya ada bejolan di leher, kemudian di tangan lalu kaki. Karena keterbatasan biaya orangtua nya, Sulami tidak dibawa berobat ke rumah sakit untuk memeriksakan penyakit langka yang diderita nya. Hingga pada saat Sulami berusia 20 tahun, penyakit langka tersebut membuat kaku seluruh tubuhnya.



Tidak hanya Sulami, saudara kembarnya yang bernama Paniyem juga mengidap penyakit langka yang membuat tubuhnya kaku seperti boneka kaya. Paniyem sudah meninggal dunia pada tahun 2012 yang lalu.

Sekarang Sulami dirawat oleh adiknya bernama Susilowati dan suaminya Didik Gunawan. Walaupun dengan gerakan yang terbatas, Sulami masih bisa membuat tas dari benang mote. Untuk menyelesaikan sebuah tas, membutuhkan dua sampai tiga hari. Selain tas, dia juga bisa membuat gantungan kunci. Bakat ini dipelajarinya secara otodidak bersama almarhumah Paniyem.


Sumber: Tribun Jateng

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spesialis Perbaikan/Service TV, LCD, LED, Plasma dan Monitor di Kapuas

Artis Porno Jepang Chika Arimura Berlibur Ke Bali [FOTO]

Patung Badak Emas Dari Dinasti Mapungubwe