Zzyzzx, Ini Nama Kota Yang Bikin Lidah Keseleo

Inilah nama sebuah kota yang akan membuat lidah terbelit saat menyebutnya, yaitu: ZZYZZX, kota gurun ini terletak diantar 2 kota elit di Amerika, yaitu Los Angeles dan Las Vegas, dipersimpangan jalan Interstate 15.

Tidak panjang memang, hanya beberapa huruf, tapi karena nama nya tidak punya huruf vokal, sehingga akan sangat sulit membacanya bisa-bikin bikin lidah keseleo, Zzyzzx, biasa dibaca Zye-zex walaupun dengan penyebutan yang kurang sempurna. Zzyzzx merupakan sebuah jalan dengan panjang kira-kira 6 kilometer, sebagian beraspal dan sebagiannya lagi kotor tertutup tanah.



Kota mati yang ada di Gurun Mojave ini dulunya adalah sebuah resort yang terbengkalai bernama Zzyzzx Springs. Resort ini pernah difungsikan mulai tahun 1940-an sebelum akhirnya ditinggalkan. Kini kawasan itu menjadi Pusat Pengkajian Gurun dimana terdapat sebuah danau buatan yang menjadi habitat perlindungan dari Mohave Tui Chub spesies semacam ikan yang diancam kepunahan.



Dulunya kawasan tersebut bernama Soda Springs, sebab di sana terdapat mata air yang begitu popular bagi suku Indian. Cerita pembangunan resort Zzyzx berawal saat seseorang bernama Curtis Howe Springer, yang mengaku dirinya adalah seorang doktor sekaligus pendeta, membangun sebuah kawasan tempat tinggal seluas 12.800 hektar di sekitar mata air tersebut. Tujuannya untuk membangun Mineral Springs dan Health Spa.

Saat itu ia merekrut para pekerja dari LA untuk mengerjakan resort impiannya tersebut menjadi sebuah kota kecil lengkap dengan bangunan dua tingkat yang memiliki 60 kamar hotel, café, spa dan kolam renang. Hampir selama 30 tahun ia menikmati hasil dari resort dan pusat kesehatan yang dibangunnya tersebut.



Sampai akhirnya masa keemasannya mula jatuh ketika ia menjual tanah yang berada di dekat miliknya (sebenarnya bukan miliknya). Saat itulah kerajaan persekutuan mendapatkan kesempatan untuk mengusir Springer dari kawasan itu. Kemudian ia dimasukkan ke dalam penjara dengan tuduhan penyalahgunaan izin bangunan yang awalnya bukan resort tetapi dibangun resort. Mulai saat itu resort mewahnya ditutup. Kini yang tersisa hanya jajaran bangunan berlapis debu di tengah padang pasir dijalan yang sulit di sebut, Zzyzzx Road.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spesialis Perbaikan/Service TV, LCD, LED, Plasma dan Monitor di Kapuas

Artis Porno Jepang Chika Arimura Berlibur Ke Bali [FOTO]

Patung Badak Emas Dari Dinasti Mapungubwe